Jokowi Kantongi Daftar Nama Pansel KPK, Dibentuk Pekan Ini

Jokowi Kantongi Daftar Nama Pansel KPK, Dibentuk Pekan Ini

Jokowi Kantongi Daftar Nama Pansel KPK, Dibentuk Pekan Ini
Jokowi dan Bamsoet Bahas Capim KPK
Jokowi Kantongi Daftar Nama Pansel KPK, Dibentuk Pekan Ini

Jakarta, SwaraIndo-,Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sudah mengantongi sejumlah nama untuk menjadi anggota panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau pansel KPK. Jokowi memastikan Pansel KPK akan terbentuk pekan ini.

"Pansel KPK Insyallah minggu ini sudah ditanda-tangani. Baru digodog, banyak nama sudah masuk dan tinggal kita putuskan," kata Jokowi usai buka puasa bersama di Rumah Dinas Ketua DPR Bambang Soesatyo, Jakarta, Senin (13/5).

Jokowi menyebut nama-nama yang sudah dirinya pegang berasal dari kalangan akademisi, praktisi, pemerintah, hingga NGO. Menurutnya, nama-nama itu saat ini masih pihaknya bahas sebelum ditetapkan menjadi anggota Pansel KPK.

"Ya kaya lima tahun yang lalu satu per satu kami lihat ya. Minggu ini kami akan tandatangani," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) juga mendorong Presiden Jokowi segera membentuk Pansel KPK. Menurut Bamsoet, pernyataan yang disampaikan lembaga Indonesia Corruption Watch (ICW) sudah tepat.

Bamsoet mengatakan saat ini merupakan momentum bagi Jokowi untuk membentuk Pansel KPK agar proses penyaringan nama-nama calon bisa dilakukan lebih teliti dan menghasilkan sosok berkualitas.

"Parlemen mendukung jika Presiden segera membentuk pansel yang dimaksud agar penyaringan bisa lebih teliti, sehingga menghasilkan sepuluh nama berkualitas untuk nanti dipilih lima oleh DPR," kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/5).

Bamsoet menyarankan Jokowi tak membeda-bedakan gender lagi dalam mengisi komposisi anggota pansel calon pimpinan KPK nantinya. Hal terpenting, menurutnya, pansel calon pemimpin KPK diisi orang-orang berintegritas dan memiliki kemampuan yang baik.